Saturday, October 6, 2012

Éclairs


Karena dari seminggu yang lalu aku ngidam makan eclairs, akhirnya sempet juga bikin ni pastry ^-^
Walopun cuaca pagi ini mendung, tapi ngidam dari seminggu yang lalu numpuk seperti cucianku yang harus ngalah demi ngidamku, hehehe ^_^v

Untungnya, di kulkas udah ada semua bahan-bahannya, jadi ga perlu belanja lagi deh (lumayan ngirit, hehehe). Sebenernya, tadinya aku mau bikin 2 macem, yang satu eclairs, yang satu lagi songgo bhuwono, tapi karena males (lagu klasik), bikin songgo bhuwononya next time aja kali yaaa, kikkiki...


Pas aku bikin dan eclairnya baru keluar dari oven, papah udah gatel aja mau nyomot, padahal belum aku filling pake whipped cream, kikiki...papah..papah :*


Éclairs
Original recipe by: Ricke Indriani, modified by Arsi Runi Prastiwi
(18-20 eclairs)

Bahan choux pastry:
200 ml air
100 gram margarine/butter
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
125 gram terigu, ayak (bisa pake protein sedang/all purpose, bisa protein tinggi/kombinasi keduanya)
3 butir telur ukuran besar (jika kecil pake 4 butir) kocok lepas
Kantong segitiga (piping bag) dan spuit bintang (no. 22)

Bahan filling:
150 gram whipped cream bubuk
150 ml air dingin

Bahan oles:
Dark cooking soklat masak, lelehkan (ditim)

Cara Membuat Eclairs:

  1. Campur air, margarine/butter, gula, dan garam, didihkan di atas api kecil sambil diaduk-aduk.
  2. Matikan api, masukkan terigu yang sudah diayak, aduk rata dengan spatula hingga tercampur rata.
  3. Nyalakan kembali api kecil, aduk adonan hingga kalis (tidak menempel di panci), angkat dan dinginkan hingga agak hangat sedikit.
  4. Masukkan telur yang sudah dikocok lepas, sedikit demi sedikit secara bertahap sambil adonan diaduk dengan spatula, jika dirasa adonan sudah cukup lembut untuk dispuit, hentikan penambahan telur ya karena nanti adonan akan susah untuk dispuit.
  5. Masukkan adonan ke dalam piping bag, spuitkan memanjang di atas loyang yang telah dioles dengan margarine (ngoles margarinenya agak tebel aja, biar ga lengket). Beri jarak cukup satu sama lain.
  6. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 220'C selama kurang lebih 30 menit. Sesuaikan dengan oven masing-masing yaaa.
  7. Jika terlihat adonan sudah mengembang kokoh, kuning kesoklatan, dan busa yang terdapat pada adonan sudah hilang, berarti eclairs sudah matang dan siap untuk dikeluarkan.

Cara Membuat Whipped Cream:
Campur bubuk whipped cream+air dingin, kocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga kaku, masukkan ke piping bag dengan spuit bintang

Penyelesaian:

  1. Ambil eclairs yang sudah dingin, belah tengahnya (jangan sampai putus, break aja ^-^), isi dengan whipped cream.
  2. Oleskan soklat yang sudah dilelehkan di bagian atasnya.
Tips:
Agar eclair (choux pastry) ga gampang ambles setelah dikeluarkan dari oven, biarkan eclair tetap di loyang hingga benar-benar dingin, baru kemudian pindahkan eclair dari loyang.

No comments:

Post a Comment