Sunday, November 11, 2012

Songgo Bhuwono Vegetarian

Hai, i'm back! Baru sempet posting dan baking hari ini karena kemarin aku memutuskan untuk piknik sejenak, hehehe ^-^v. Sempet kepikiran mau bikin ombre cake, tapi kok masih capek dan belum belanja bahan-bahannya, yaudah deh akhirnya secara spontan aku kepingin bikin Songgo Bhuwono aja, karena tinggal beli telur dan margarin aja ^_~
Songgo bhuwono, yang punya arti sebenarnya yaitu "menopang buwana" atau menyangga angkasa, sebenarnya merupakan choux pastry yang difilling dengan ragout dan disajikan dengan pelengkap yaitu telur, sauce mustard, acar, dan daun selada. Namun bagi masyarakat Jogja asli, merupakan hidangan istimewa dan memiliki unsur tradisi. Hidangan ini biasanya hanya disuguhkan oleh orang Jogja asli yang sedang ngunduh mantu (menikah), walaupun baru-baru ini juga disuguhkan di acara-acara arisan dan menjadi pilihan menu di katering, namun itu juga jarang sekali. Konon, hanya kalangan bangsawan dan orang kaya saja yang mampu menghidangkan makanan ini di pesta pernikahan mereka, kalo rakyat jelata sih nggak usah aneh-aneh. Itu konon lho ^_^

Resep yang aku dapat ini dari mamahku, karena beliau sudah sering menggunakan resep ini untuk pesenan dari saudara. Aku bikin ini tadi pagi, momentnya pas banget karena kemarin tanggal cantik, jadi banyak yang nikah di Jogja, bahkan kemarin pas otw mau piknik aku nglewatin >5 janur kuning, hehehe...Oiya, resep aslinya harusnya menggunakan ayam untuk ragoutnya, tapi berhubung aku lacto ovo vegan, jadi aku skip ayamnya ya (harap maklum ^_^v) kikiki...

Songgo Bhuwono Vegetarian (Lacto Ovo)

Original recipe by Rinna Yudhayanti (my mom ^_~)
Untuk 10 buah

Bahan:
200 ml air
100 gram margarine/butter
1/2 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
125 gram terigu, ayak (bisa pake protein sedang/all purpose, bisa protein tinggi/kombinasi keduanya)
3 butir telur ukuran besar (jika kecil pake 4 butir) kocok lepas
Kantong segitiga (piping bag) dan spuit bintang (no. 22)

Bahan Ragout:
1/4 buah bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
3 sdm tepung terigu protein sedang
120 ml susu cair
100 gram jagung manis pipil
100 gram buncis, diiris halus, direbus sebentar
100 gram wortel, diiris dadu kecil, rebus sebentar
25 gram keju cheddar parut
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk/black paper
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt seledri cincang
2 sdm margarin untuk menumis

Bahan Sauce:
2 sdm margarin untuk menumis
2 sdm tepung terigu protein sedang
Air secukupnya
2 sdt mustard
1 sdt mayonese
1 sdt gula pasir
Sejumput garam

Bahan pelengkap:
Telur rebus, acar, cabe hijau/saus sambal, daun selada

Cara Membuat:

Choux Pastry
  1. Campur air, margarine/butter, gula, dan garam, didihkan di atas api kecil sambil diaduk-aduk.
  2. Matikan api, masukkan terigu yang sudah diayak, aduk rata dengan spatula hingga tercampur rata.
  3. Nyalakan kembali api kecil, aduk adonan hingga kalis (tidak menempel di panci), angkat dan dinginkan hingga agak hangat sedikit.
  4. Masukkan telur yang sudah dikocok lepas, sedikit demi sedikit secara bertahap sambil adonan diaduk dengan spatula, jika dirasa adonan sudah cukup lembut untuk dispuit, hentikan penambahan telur ya karena nanti adonan akan susah untuk dispuit.
  5. Masukkan adonan ke dalam piping bag, spuitkan bentuk bulat di atas loyang yang telah dioles dengan margarine (ngoles margarinenya agak tebel aja, biar ga lengket). Beri jarak cukup satu sama lain.
  6. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 220'C selama kurang lebih 30 menit. Sesuaikan dengan oven masing-masing.
  7. Jika terlihat adonan sudah mengembang kokoh, kuning kesoklatan, dan busa yang terdapat pada adonan sudah hilang, berarti sudah matang dan siap untuk dikeluarkan.
Ragout Sayuran
  1. Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu. Masukkan terigu, aduk hingga menggumpal.
  2. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, masukkan jagung, buncis, dan wortel. Aduk rata. Bumbui dengan keju, garam, gula, merica, dan seledri, aduk rata hingga mendidih. Sisihkan.
Sauce Mustard:
  1. Panaskan margarin, masukkan terigu, aduk hingga menggumpal, masukkan air sambil terus diaduk.
  2. Masukkan mustard dan mayonese, aduk rata, bumbui dengan gula dan garam, aduk dan biarkan hingga mendidih.
Penyelesaian:

  1. Ambil choux pastry, gunting melingkar bagian atasnya, semprotkan ragout yang telah dimasukkan ke dalam piping bag (tanpa spuit) yang telah digunting ujungnya.
  2. Belah dua, satu butir telur, letakkan di atas choux pastry, siram dengan sauce mustard, tambahkan acar, cabe hijau/saus sambal, dan daun selada untuk pelengkap. Voila!

1 comment:

  1. achiiiii, suka banget sm semua isi blog km yg mau ngeshare resep2 vegannya yg sangaaaaattt menggoda iman :D
    jd inspirasi buat nyoba2 di dapur sendiri .
    kl boleh saran achi coba2 aja buat jualin makanan2 kreasi achi . aku juga pengeeeeeen banget nyoba . semacam terima pesanan gtu deh chi . siapa tau lama2 bisa buka usaha dr kecil sampe gede , kali aja nanti ahi bisa punya cafe dapur vegan gitu :D

    ReplyDelete