Tuesday, April 9, 2013

Ontbijtkoek

Good morning ^.~ bangun-bangun pengen makan cake anget-anget soalnya badan lagi ga enak, ditambah cuacanya lagi mendung di luar, akhirnya aku bikin ontbijtkoek.
Ps: Potongan cakenya agak bradul soalnya udah ga sabar aku makan, jadi begitu keluar oven, langsung dipotong dan difoto, hehehe...

Ontbijtkoek (the dutch spice breakfast cake) adalah kue yang dimakan untuk sarapan di negara asalnya, Belanda. Ontbijt=breakfast/sarapan dan koek=cake/kue. The old school cake, karena cake ini udah terkenal banget dari zaman dulu dan merupakan salah satu kue tradisional di Indonesia. Namun di Indonesia, kue ini lebih sering dimakan sebagai teman minum teh di sore hari daripada disajikan sebagai sarapan. Tapi kalo aku sih, mau untuk sarapan, cemilan sebelum makan siang, temen minum teh di sore hari ga masalah. Soalnya cake ini enal banget, ngangetin badan, udah gitu cakenya empuk dan lembut banget, ngobatin kangen makan cake spekuk/lapis legit.

Ontbijtkoek ini macem-macem banget resepnya, ada yang versi buttercake, versi muffin, sampai versi sponge cake. Yang menjadi ciri khas adalah penggunaan brown sugar (di Indonesia lebih familiar menggunakan gula palm/gula aren bubuk/gula semut) dan bubuk rempah seperti kayu manis, pala, cengkeh, dsb. Di Indonesia lebih sering menggunakan bumbu spekoek yang merupakan campuran dari rempah-rempah tersebut. Aslinya kue ini tidak menggunakan lemak apapun (margarin/butter/minyak) dan hasilnya cenderung kering. Oleh karena itu cake ini sering dinikmati dengan olesan butter ketika masih hangat, atau dimakan sambil dicelupkan ke dalam teh/kopi hangat. Aku menggunakan versi sponge cake yang menggunakan butter di dalamnya, jadi cakenya empuk dan gak seret dimakan. Oiya thx buat Mbak Ricke yang udah sharin infonya tentang ontbijtkoek :).

Ontbijtkoek

Original Recipe by Tabloid Saji Edisi 205

Ingridients:
5 butir telur
1 sdm cake emulsifier (optional)
100 gram gula aren bubuk/gula semut
50 gram gula pasir

100 gram tepung terigu protein sedang
25 gram tepung maizena
20 gram susu bubuk
2 sdt bumbu spekuk (peres/rata)
--> Ayak dan campur jadi satu

75 gram butter-->lelehkan
Kacang almond

How to:
  1. Siapkan 2 loyang ukuran 30x10x4cm. Oles tipis dengan margarin, alasi dengan kertas roti, oles kembali dengan margarin.
  2. Kocok telur, cake emulsifier, gula aren hingga soft peak.
  3. Masukkan terigu, maizena, susu bubuk dan bumbu spekoek yang sudah diayak, aduk rata.
  4. Masukkan butter cair, aduk balik.
  5. Tuang ke dalam loyang. Taburi permukaannya dengan almond. Panggang dalam oven suhu 180'C yang telah dipanaskan sebelumnya selama +-20-25 menit hingga berwarna cokelat muda dan test tusuk. Keluarkan dari oven dan angkat dari loyang. Sajikan hangat.
Note:
  • Gula aren bubuk/gula semut bisa diganti dengan gula palm yang dijual di pasaran. FYI, gula palm yang dijual di pasaran adalah gula campuran gula aren dan gula pasir, jadi tidak 100% gula aren. Sedangkan gula aren bubuk/gula semut 100% murni gula aren.
  • Selain kacang almond, bisa juga ditaburi wijen, kismis, chocolate chips, dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment